Itkesbis Graha Ananda Palu –

INSTITUT TEKNOLOGI KESEHATAN DAN BISNIS GRAHA ANANDA

Cerdas, Inovatif & Enterpreneurship

Laksanakan Pengabdian masyarakat, mahasiswa prodi DIII Kebidanan di Desa Labuan Toposo Kabupaten Donggala

Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan ITKESBIS Graha Ananda laksanakan Pengabdian Masyarakat dalam kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas di Desa Labuan Toposo, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Dalam upaya berdedikasi untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat, mahasiswa Program Diploma III (DIII) Kebidanan dari Fakultas Ilmu Kesehatan, ITKESBIS Graha Ananda, menunjukkan komitmennya terhadap pelaksanaan Tri dharma perguruan tinggi, melalui pengabdian masyarakat dengan penyelenggaraan Praktik Kebidanan Komunitas (PKK) di Desa Labuan Toposo, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Daerah Binaan (Darbin) yang diselenggarakan oleh mahasiswa prodi DIII Kebidanan, bertujuan untuk menyediakan layanan kebidanan yang penting dan edukasi kepada penduduk Labuan Toposo. Kegiatan melibatkan pemeriksaan kesehatan ibu hamil, perawatan antenatal, sesi informatif tentang kesehatan ibu dan bayi, dan aspek penting lainnya dalam perawatan kesehatan reproduksi.

Sorotan Utama dari Praktik Kebidanan Komunitas (PKK) di Labuan Toposo:

  1. Pemeriksaan Kesehatan Ibu Hamil: Mahasiswa melakukan pemeriksaan kesehatan ibu hamil secara komprehensif untuk memastikan kesejahteraan ibu hamil di komunitas. Ini termasuk pemantauan tanda-tanda vital, penilaian perkembangan janin, dan menanggapi setiap kekhawatiran atau pertanyaan yang dimiliki ibu-ibu tersebut.
  2. Sesi Perawatan Antenatal: Sesi informatif tentang perawatan antenatal diadakan untuk memberikan edukasi kepada ibu hamil tentang pentingnya pemeriksaan rutin, nutrisi yang tepat, dan kesejahteraan secara keseluruhan selama kehamilan. Tujuannya adalah memberdayakan ibu dengan pengetahuan yang diperlukan untuk kehamilan yang sehat.
  3. Edukasi Kesehatan Bayi dan Anak: Selain perawatan ibu, mahasiswa memberikan edukasi tentang kesehatan bayi dan anak. Topik yang dicakup meliputi jadwal vaksinasi, nutrisi untuk bayi dan anak balita, dan masalah kesehatan umum yang memengaruhi bayi baru lahir.
  4. Keterlibatan Masyarakat: Mahasiswa secara aktif berinteraksi dengan masyarakat Labuan Toposo, membangun pendekatan kolaboratif terhadap pelayanan kesehatan. Mereka menjawab pertanyaan, mendengarkan kekhawatiran, dan bekerja sama dengan penduduk setempat untuk menciptakan lingkungan perawatan kesehatan yang mendukung.

 

Ikuti kami di Media Sosial resmi :

Instagram : @itkesbis.grahaananda

Facebook : Itkesbis Graha Anada

Fanspage Fb : Institut Teknologi Kesehatan dan Bisnis Graha Ananda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top